Sejarah Perkembangan Toyota Corolla sebagai Mobil Terlaris di Indonesia

Share:
 

 Toyota Corolla merupakan jenis mobil sedan yang sudah dikenalkan oleh produsen Jepang sejak tahun 1966. Mobil ini mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1970. Bahkan setelah 50 tahun, Toyota masih selalu meramaikan pasar otomotif.

Saking terkenalnya, di tahun 2015 mobil ini terjual setiap 15 detik. Sampai bulan Februari 2017, sudah ada 44,1 juta unit mobil yang laku. Untuk mengetahui bagaimana mobil Toyota mendominasi pasar, simak sejarahnya berikut ini.

Sejarah Mobil Corolla di Indonesia

Mobil Corolla baru masuk ke Indonesia tahun 1970. Di generasi pertamanya mobil ini hanya dipasarkan di Jepang, Australia, dan Amerika Serikat. Berikut adalah penjelasan tentang perkembangan mobil Corolla dari generasi ke generasi di Indonesia.

1. Generasi 2 dan 3
Pada generasi kedua dan ketiga, mobil Corolla memiliki kapasitas mesin yang sama, yaitu 1.200 cc. Tidak ada perubahan yang signifikan dari desainnya jadi masih tampak mirip. Tahun beredarnya dimulai dari tahun 1970 – 1974 untuk generasi kedua dan 1974 – 1979 untuk generasi ketiga

2. Generasi 4
Salah satu mobil Corolla yang menjadi legenda di Indonesia beredar pada tahun 1979 – 1983. Namanya adalah Corolla DX dengan mesin 1.300 cc dan desain serba kotak yang menarik. Hingga sekarang, mobil ini masih dicari para kolektor terkenal.

3. Generasi 5
Masuk ke generasi kelima, mobil Corolla hadir dengan desain yang lebih cantik dan rapi. Diberi nama Corolla GL dengan mesin 21 1.300 cc dan bertransmisi 5 percepatan manual. Mobil ini beredar dari tahun 1983 – 1987.

4. Generasi 6
Tahun 1987 – 1991, mobil Corolla berinovasi dengan teknologi twincam. Mobil ini dilengkapi dengan power steering dan power window hingga disebut sebagai sedan tercanggih. Dijuluki sebagai Corolla Twincam dan jadi legenda di Indonesia. Sampai sekarang mobil ini masih punya banyak peminat.

5. Generasi 7 dan 8
Kembali mengalami perubahan nama, pada generasi ketujuh mobil ini disebut sebagai Great Corolla. Mulai dijual pada tahun 1992 dengan dua model, yaitu SE dan SE-G. Masuk ke generasi kedelapan, mobil ini tidak mengalami terlalu banyak perubahan namun fiturnya semakin lengkap.

6. Generasi ke 9
Ketika memasuki generasi kesembilan, mobil Corolla mulai mengalami perubahan yang signifikan. Bentuk, desain, dan eksterior lainnya berbeda. Hadir dengan nama Corolla Altis dan masih terus dikembangkan sampai saat ini.

7. Generasi ke 10 dan 11
Corolla Altis baru hadir dengan kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu 1.800 cc dan 2.000 cc. Dilengkapi dengan fitur yang lebih lengkap untuk menunjang keselamatan Bahkan mobil ini disebut sebagai sedan paling tangguh.

Sebagai mobil yang paling terkenal di Indonesia, mobil Toyota Corolla dilengkapi dengan spesifikasi terbaik. Selain itu desain dan bentuknya sangat elegan. Sehingga cocok digunakan untuk jalan-jalan bersama keluarga.

Tidak ada komentar