5 Tempat Wisata Alam Populer di Medan dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Share:



Menikmati udara segar, ruang terbuka hijau, serta panorama alami merupakan cara tepat untuk menghilang kepenatan. Tugas menumpuk serta beban pekerjaan bisa berkurang dengan liburan di tempat yang indah dan menenangkan.
Jika Anda sedang mencari tempat wisata alam terbaik di Medan, berikut ini ada lima tempat yang direkomendasikan. Simak ulasannya, yuk.
1.                 Cagar Alam Sibolangit
Cagar Alam Sibolangit (Sumber: tourismheavenblog.wordpress.com)

Terletak di ketinggian 500 Mdpl, Cagar Alam Sibolangit menawarkan panorama alam yang memukau. Taman wisata seluas 85,15 hektare ini berjarak sekitar 1 jam dari pusat Kota Medan. Untuk mencapai lokasi tersebut, Anda bisa menyewa kendaraan atau menggunakan bus umum. Cagar Alam Sibolangit memiliki hutan hujan tropis yang luas dengan aneka flora dan fauna. Contoh flora di tempat tersebut, antara lain angsana, nyamplung, meranti, durian hutan, palem, dan pinang. Ada pula bunga bangkai dan tumbuhan menjalar yang tumbuh subur di tengah hutan.
Selain itu, Cagar Alam Sibolangit menjadi habitat bagi beberapa jenis hewan, seperti kera, lutung, babi hutan, kancil, burung rangkong, dan kuskus. Semua satwa tersebut tinggal di alam bebas di kawasan Sibolangit. Oleh karenanya, Sibolangit sering dijadikan tempat penelitian.
2.                 Air Terjun Sipiso-piso
Meskipun lokasi Air Terjun Sipiso-piso cukup jauh dari pusat Kota Medan, Anda wajib menyaksikan keindahan tempat ini. Jika ditempuh dengan kendaraan, lokasi air terjun bisa dicapai dalam waktu sekitar 3 jam.
Letak Air Terjun Sipiso-piso di kawasan perbukitan dengan ketinggan sekitar 800 Mdpl. Sepanjang kawasan air terjun, terdapat hutan pinus nan lebat dan tinggi. Sementara tinggi air terjunnya sekitar 120 meter. Air itu jatuh dari tebing bebatuan menuju aliran sungai yang membentang di bawahnya.
Soal fasilitas, di sekitar Air Terjun Sipiso-piso dilengkapi tempat parkir dan beberapa warung makan. Jika ingin membeli buah tangan, Anda bisa menuju toko suvenir di dekat area wisata.

3.                 Pantai Cermin
Setelah mengunjungi air terjun, coba sambangi Pantai Pandan. Lokasi pantai berada di pesisir Sibolga. Jaraknya hanya sekitar 58 menit perjalanan dari pusat Kota Medan. Rutenya searah dengan Pantai Cemara dan Pantai Wong Rame.
Berbeda dari tempat wisata lainnya, Pantai Cermin menyuguhkan pemandangan laut yang menghadap langsung ke Selat Malaka. Sepanjang jalan ke Pantai Cermin, terdapat hamparan kebun sawit dan cokelat. Sementara di kawasan Pantai Cermin, tersedia theme park dan kebun binatang.
Supaya tidak bosan, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas, seperti jet ski, banana boat, speed boat, fishing boat, horse riding, dan water castle pet shop. Kalau ingin bersantap, di sekitar pantai terdapat restoran seafood lezat.

4.                 Danau Toba
Danau Toba merupakan bagian dari pegunungan di Bukit Barisan, Sumatera Utara. Perairan ini memiliki luas sekitar 1.145 kilometer persegi. Itu sebabnya, Danau Toba menjadi danau vulkanik terluas di dunia.
Di tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir. Menurut pakar, Pulau Samosir memiliki luas yang hampir sama dengan Singapura. Di pulau ini ada beberapa desa wisata dengan keindahan alam luar biasa. Salah satunya; Desa Tuktuk yang menawarkan situs-situs bersejarah.

5.                 Danau Siombak
Danau Siombak (Sumber: wisatakemanaaja.blogspot.com)
Danau Siombak memiliki kontur mirip seperti Danau Toba. Namun, perairan ini berukuran lebih kecil daripada Danau Toba. Selain itu, Danau Siombak tidak terbentuk secara alami, melainkan muncul akibat galian tanah di tahun 1980.
Kedalaman Danau Siombak sekitar 15 meter; luasnya hanya 40 hektare. Menariknya, di tengah danau, ada pulau kecil. Meski tidak seluas Pulau Samosir, tempat tersebut kerap menjadi pusat perhatian fotografer.

Itulah beberapa tempat wisata di Medan dan sekitarnya yang bisa Anda jadikan referensi liburan. Supaya perjalanan ke Medan lancar, ada baiknya memesan tiket pesawat ke Medan lebih awal. Untuk mendapatkan tiket murah, silakan pesan melalui aplikasi/web Airy.

Tidak ada komentar