Cara Memilih Perusahaan Asuransi

Share:


Saat ini dikarenakan semakin tingginya gaya hidup kita dan tingkat perekonomian yang telah kitacapai, kesadaran masyarakat kita akan pentingnya asuransi terbaik di Indonesia di dalam melindungi keuangan merekapun semakin meningkat. 

Seiring berjalannya waktu dengan meningkatnya kesadaran dari masyarakat akan bagaimana pentingnya asuransi terbaik bagi kebutuhan mereka, dan karena itu sekarang ini  banyak perusahaan asuransi bermunculan, akhirnya berbagai pertimbangan di dalam memilih asuransi terbaik di Indonesia saat ini juga akan semakin bertambah.

Berikut ada beberapa pertimbangan yang bisa kalian lakukan sebelum memilih asuransi jiwa yang terbaik bagi kalian dan keluarga.

Yang pertama ialah menyesuaikan dengan kebutuhan
Sama seperti saat kita membeli barang biasanya, mengenali dan juga memastikan produk seperti apa sih yang akan kalian beli adalah hal yang utama yang wajib kalian tahu lebih dulu. Perusahaan asuransi akan menawarkan kepada kalian biasanya lebih dari satu macam produk, dan oleh sebab itu pilihlah produk yang memang sesuai dengan kebutuhan kalian, lalu tidak lupa juga sesuaikan dengan kemampuan, dan juga keuangan kalian.

Yang kedua yaitu penyesuaian anggaran
Sesuaikan anggaran kalian, usahakan supaya tidak mengganggu anggaran untuk kebutuhan kalian yang lainnya. Pilihlah asuransi yang murni dan preminya lebih rendah jika dibandingkan dengan  asuransi dengan plus investasi. Cobalah untuk membuat anggaran bulanan untuk pembayaran asuransi yang kalian pilih. Didalam teori prencanaan keuangan, sebagai contoh cara idealnya adalah dengan mengalokasikan income kalian antara 10 sampai 20 persen  untuk pembayaran asuransi kalian.

Yang ketiga yaitu tentang kredibilitas dari perusahaan asuransi pilihan kalian
Perlu kalian ingat bahwasanya asuransi adalah perjanjian dalam jangka waktu yang panjang. Dan oleh sebab itu kredibilitas dari perusahaan asuransi pilihan kalian menjadi hal yang memang sangat penting. Cobalah untuk memilih perusahaan asuransi yang tidak memiliki permasalahan dalam pengelolaan keuangan. Memonitor perkembangan perusahaan dan kinerjanya adalah salah satu cara yang dapat kalian lakukan, dan pastikan bahwa perusahaan asuransi pilihan kalian tidak memiliki masalah. Kalian dapat melihat laporan keuangan perusahaan asuransi  dari berbagai macam cara, contohnya melalui surat kabar, atau dari media yang lainnnya. Cobalah untuk meneliti peringkat perusahaan asuransi dan juga ratingnya. Perhatikan juga RBC dari perusahaan tersebut, apakah perusahaan itu sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Yang keempat yaitu pelayanan 
Jika kalian berniat mencari perusahaan asuransi cobalah untuk memilih perusahaan asuransi yang juga menawarkan pelayan yang ekstra. Sebagai contoh perusahaan tersebut mempunyai layanan pelanggan dalam waktu 24 jam. Mengapa seperti itu? Hal ini  tentunya akan sangat membantu kalian nantinya, jika kalian membutuhkan informasi tentang detail produk kapanpun kalian membutuhkan, kalian dapat segera menghubungi layanan tersebut. Dan tidak lupa juga untuk mengetahui bagaimana prosedur atau tata cara klaim yang digunakan oleh perusahaan.

Yang kelima yaitu lakukanlah selagi kalian sehat
Hampir semua perusahaan asuransi di Indonesia mempunyai kriteria yang berbeda-beda dalam hal kondisi kesehatan dari para calon pembeli asuransinya. Karena hal itulah sebaiknya jika kalian akan membeli asuransi selagi kondisi kalian sehat, dan hal ini tentu saja sangat berpengaruh kepada premi yang akan dibayarkan. Jika kalian dalam kondisi yang sehat, premi yang akan dibayarkan akan minimal jika dibandingkan jika kalian membelinya pada saat sudah dalam keadaan sakit. 

Masih ada banyak hal yang dapat menjadi pertimbangan kalian didalam pemilihan asuransi yang terbaik di indonesia. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan semua hal dengan cermat, jangan pernah malu untuk bertanya tentang detail segala hal yang mungkin tidak kalian mengerti. 

Tidak ada komentar