Ketahui Bedanya Mobil Hybrid Dengan Konvensional Serta Jenis-Jenis Hybrid Berikut Ini

Share:

Ada banyak pilihan jenis kendaraan roda empat sekarang ini yang bisa dipilih satu yang terbaik dan memiliki banyak kelebihan. Setiap mobil harus punya kelebihan mulai dari hemat bahan bakar dan juga ramah lingkungan. Jika ingin memiliki mobil seperti itu, maka setiap orang bisa memilih mesin hybrid yang menggunakan teknologi terbaru yang menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik. Dengan penggabungan kedua mesin, maka dampaknya sangat luar biasa mulai dari bensin menjadi lebih hemat, gas emisi rendah, ramah lingkungan, dan masih banyak lagi manfaat yang akan diperoleh pemiliknya.

Makanya mulai sekarang jangan ragu untuk beralih ke hybrid sebelum nantinya akan banyak mobil listrik yang menggantikan kendaraaan roda empat konvensional. Sebelum itu, maka penting juga untuk mengetahui apa beda antara hybrid dan konvensional serta harus tahu jenis-jenis hybrid dibawah ini.

Perbedaan hybrid dan konvensional

Dari cara kerja keduanya tentu sudah berbeda, jika kendaraan konvensional masih mengandalkan mesin pembakaran yang memanfaatkan bensin maka hybrid masih menggunakan cara tersebut tetapi ada tambahan dari motor listrik. Jadi bisa dibilang bahwa mobil hybrid menggunakan 2 mesin utama yaitu mesin bensin dan juga terdapat motor listrik. Keduanya bisa bekerja masing-masing dan juga bisa bekerja bersamaan ketika memang diperlukan. Dengan penggabungan 2 mesin maka tenaga maksimal yang dapat dihasilkan tentu akan jauh lebih besar dibanding konvensional.

Perbedaan lainnya yang dapat dirasakan antara keduanya yaitu suara yang dihasilkan pada mesin hybrid jauh lebih halus dan getarannya minim dibanding konvensional. Kemudian juga terdapat perbedaan pada jarak tempuh dimana hybrid bisa menempuh jarak lebih jauh sehingga bisa lebih hemat uang.

Jenis-jenis hybrid

Sekarang mobil hybrid terbagi menjadi 3 jenis yaitu full hybrid, mild hybrid, dan juga plug in hybrid. Jenis yang akan dibahas pertama adalah full hybrid yang sudah banyak digunakan pada beberapa model sekarang. Sumber tenaga yang dihasilkan di full hybrid ini bisa dari mesin konvensional, motor listrik, dan juga penggabungan antara keduanya. Sedangkan pada mild hybrid belum terdapat motor listrik tapi terdapat baterai tambahan berkapasitas rendah yang memiliki fungsi untuk meringankan kerja dari mesin. Lalu ada juga jenis plug in hybrid yang hampir sama cara kerjanya dengan full hybrid tapi perbedaannya hanya ada pada kapasitas baterainya yang lebih besar.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa mobil hybrid mempunyai banyak kelebihan dibanding mobil bensin pada umumnya. Untuk harganya memang lebih mahal dari mesin konvensional tapi secara manfaat tentunya lebih besar bagi pemiliknya. Apalagi sekarang banyak beberapa pilihan di aplikasi SEVA, salah satunya adalah Toyota Corolla Cross yang menjadi mobil SUV hybrid yang paling lengkap, beli di SEVA sekarang.

Tidak ada komentar