Mengenal Jenis Kulit Bayi

Share:

Ada beberapa jenis kulit pada bayi yang memang masih sangat sensitif dan mudah terkena iritasi. Hal itu perlu Anda ketahui sebagai dasar dalam pemilihan produk khusus bayi hingga perawatan sehari-hari. Misalnya saja kesesuaian antara jenis kulit dengan penggunaan sabun bayi anti iritasi hingga jenis bedak. 

Mengenal Jenis Kulit Bayi
Mengenal Jenis Kulit Bayi
Jenis-jenis Kulit Bayi
Berikut ada 3 jenis kulit bayi yang harus Anda ketahui sifat dan cirinya:

a. Normal
Merupakan jenis kulit bayi yang sifatnya masih sangat lembut dan halus, khususnya saat disentuh. Selain itu, juga cenderung lembab dan lebih bersih, tanpa adanya kemerah-merahan. Bisa dikatakan jenis kulit bayi normal ini merupakan kulit alami sejak dilahirkan dan tidak terkena iritasi dan lain sebagainya. 

b. Atopik
Atopik atau yang sering disebut dengan jenis kulit bayi dermatitis atopik mempunyai sifat yang mudah gatal, kering, bahkan terdapat bercak merah pada bagian tertentu, seperti pipi dan lengan. Tidak heran jika jenis kulit ini seringkali mudah terkena alergi, sehingga Anda harus sangat hati-hati dalam penggunaan produk bayi, termasuk sabun khusus kulit bayi sensitif

c. Kering
Jenis kulit ini tentu mempunyai sifat yang kering, bersisik, dan bahkan mudah mengelupas, seperti yang sering Anda temui pada beberapa bayi. Meskipun terkadang mengelupas dan berganti kulit lagi, namun Anda harus tetap hati-hati dalam menjaga dan merawatnya. Jenis kulit bayi yang kering ini bahkan bisa dimiliki oleh balita usia satu tahunan. 

Tetap saja, semua jenis kulit bayi di atas masih sangat sensitif dengan banyak hal, khususnya yang berbau bahan kimia dan hal-hal yang kasar. Hal itu disebabkan lapisan kulit bayi yang cenderung lebih tipis serta jaringan-jaringannya yang terbilang muda.

Oleh sebab itulah, hadir banyak produk khusus bayi yang baik, aman, dan sehat untuk kesehatan bayi, termasuk kulit. Tentu saja Anda harus memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit bayi untuk menghindari alergi hingga iritasi yang akhirnya justru merusak kulit bayi. Jadi, bayi tidak boleh diberi produk secara sembarangan baik itu sampo hingga body lotion.  

Tidak ada komentar