Belum Kepasar Terapung, Belum Ke Banjarmasin!

Share:


Pasar terapung Banjarmasin merupakan warisan sejarah yang masih di lestarikan oleh penduduk setempat dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Banjarmasin.

Yah, memang tidak sah rasanya kalau jalan-jalan ke Banjarmasin tidak mengunjungi Pasar terapung. Karena Pasar terapung merupakan ciri khas dari kota Banjarmasin. Pasar terapung adalah kegiatan jual-beli yang dilakukan masarakat setempat di atas sebuah perahu yang mengapung di sepanjang sungai martapura.

Pasar Terapung Ciri Khas Banjarmasin
Ada tiga tempat pasar terapung di kota Banjarmasin yaitu, Pasar terapung kuin, lok baintan dan siring.

Pasar terapung kuin bertempat di muara sungai Barito, tepatnya di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin. Selain mengunjungi pasar terapung wisatawan biasanya akan di bawa ke pulau Bekantan (monyet) karena pasar terapung kuin berdekatan dengan pulau tersebut. Agar dapat menyaksikan kegiatan pasar terapung ini kita harus berangkat pagi-pagi sekali, karena pasar ini hanya berlangsung dari jam 05:00 sampai 07:00.

Begitu pula untuk menyaksikan kegiatan pasar terapung Lok Baintan yang berlokasi di desa Lok Baintan, Kec. Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, kita harus berangkat pagi-pagi setelah sholat subuh karena waktu yang ditempuh untuk sampai ketempat tujuan sekitar 30 menit dengan menaiki transportasi sungai dari kota Banjarmasin menyusuri sisiran sungai Martapura.

Sedangkan pasar terapung siring, berlokasi di tengah kota Banjarmasin yaitu di jalan di Jl. P. Tandean seberang mesjid Sabilal Muhtadin setiap hari Minggu pagi dari Jam 07.00 – 10.00 WITA. Pasar terapung ini merupakan program pemerintahan kota Banjarmasin yang dimulai tahun 2013 untuk menarik wisatawan dari luar daerah, dan menjadi pusat rekreasi bagi masyarakat Banjarmasin.

Nah bagi kalian yang lagi jalan-jalan ke Banjarmasin jangan lupa untuk mengunjungi salah satu ciri khas kota Banjarmasin ini.

Tidak ada komentar